Kamis, 27 Oktober 2011

INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT

INDIVIDU, KELUARGA, DAN MASYARAKAT


1. INDIVIDU

               Individu adalah kesatuan yang terbatas atau bagian terkecil dari sebuah kelompok, karena jika individu bergabung menjadi satu disebut dengan kelompok. Individu tersebut mempunyai peranan khusus dalam lingkungan sosial, setiap individu mempunyai ciri khas mulai dari sifat, watak dan prilaku, dalam perkembangannya individu mengalami dan dibebankan berbagai peranan, yang berasal dari kondisi kebersamaan hidung dengan sesama manusia. Tidak hanya peranan yang kan di dapat setiap individu namun konflik pun akan di dapatkan, seringkali konflik terjadi karena tingkah laku yang di tunjukkan oleh individu itu sendiri, tingkah laku yang bertentangan dengan peran yang di tuntut oleh masyrakat, disinilah individu di tuntut agar bisa menyesuaikan diri atau bersosialisasi dengan masyarakat setempat, jika individu berhasil menyesuaikan diri atau bersosialisasi dengan masyarakat maka individu tersebut telah dapat menemukan kepribadiannya.

2. KELUARGA
               
               Keluarga adalah suatu unit atau kelompok kecil di dalam masyarakat, seperti dalam penjelasan individu bahwa individu yang bergabung akan menjadi kelompok. Kelompok kecil ini atau keluarga merupakan lingkungan dimana beberapa orang yang memiliki sebuah ikatan khusus atau pernikahan, keluarga terdiri ayah, ibu dan anak, pembentuk dasarnya sebuah keluarga inti terdiri dari ayah, ibu dan anak yang belum menikah mereka masih tinggal dalam satu rumah,. Namun keluarga ini juga bisa menjadi keluarga luas dengan adanya tambahan dari sejumlah manusia lain, baik saudara ataupun bukan saudara, dan keluarga ini bisa menjadi keluarga besar jika tedapat nenek, kakek dan cucu mereka. Peranan keluarga sangat penting dalam menentukan masa depan tmasyarakat tersebut karena munculnya individu baru yang berkualitas tinggi berawal dari keluarga.

3. MASYARAKAT

               Masyrakat adalah suatu kelompok individu yang telah mempunyai tatanan kehidupan, norma-norma, hukum, adat istiadat yang sama - sama dilakukan didalam lingkungannnya. Masyarakat akan mempunyai ciri khas jika mempunyai norma - norma dan norma yang mereka miliki dapat menjadi pernan penting dalam membentuk individu karena individu akan belajar dari lingkungan sekitar setelah dari keluaraga. Jika lingkungan suatu individu buruk maka individu tersebut akan menjadi individu yang gagal, sebaliknya jika peranan masyarakat baik maka individu tersebut akan menjadi individu yang baik pula.

4. KETERKAITAN INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT


               Individu, keluarga dan masyarakat adalah aspek - aspek sosial yang tidak bisa dipisahkan, ketiganya mempunyai keterkaitan yang sangat erat mulai dari individu, sebuah individu tidak akan pernah ada jika tidak adanya sebuah keluarga, kerena dari keluarga lah terlahir sebuah individu baru, bergabungnya individu satu dengan individu lain akan membentuk kelompok kecil yang disebut dengan keluarga, individu terseut menjadi keluarga dengan adanya ikatan khusus yaitu ikatan pernikahan, dua individu itu tidak bisa disebut sebagai keluarga inti kerena keluarga inti terdiri dari ayah, ibu dan anak, seubuah keluarga akan menjadi bagian masyarakat bila keluarga tersebut berada dalam sebuah lingkungan sosial. Masyarakat akan berguna bagi individu dan keluarga sebagai media dimana dapat mengekspresikan aspek sosialnya. Masyarakat akan menjadi peran penting bagi sebuah individu untuk mempelajari tentang pergaulan, aspek kehidupan dan lingkungan sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar