Senin, 24 Oktober 2011

ISD (ILMU SOSIAL DASAR)


NAMA : HERIYANTO
KELAS : 1KA28
NPM : 13111337




ILMU SOSIAL DASAR




1. PENGERTIAN ILMU SOSIAL DASAR



           Ilmu sosial dasar menurut saya adalah sebuah pengetahuan yang mengenai kehidupan sosial, suatu usaha atau konsep - konsep yang harus dilakukan oleh mahasiswa dan mahisiswi untuk dapat mengkaji situasi atau kondisi di dalam suatu kemsyaraktan atau lingkungan sosail disekitarnya agar daya tanggap, persepsi dan penalaran mahasiswa atau mahasiswi menjadi lebih peka atau sensitiv, dengan pekanya seorang mahasiwa atau mahasiswi maka mereka dapat merasakan sebuah hal yang bersifat positif dan negatif pada suatu lingkungan sosial dan mahasiswa atau mahasiswi tersebut dapat melakukan sebuah tindakan agar hal negatif pada lingkungan sosial tersebut dapat tidak bersifat fatal.

2. TUJUAN
           
           Tujuan dari ISD (ilmu sosial dasar) untuk mahasiswa adalah membantu perkembangan wawasan pada mahasiswa agar kepribadian mahasiswa lebih terbentuk maksudnya adalah tingkah laku dan sifat mahasiswa dalam menghadapi manusia di lingkungan sekitar. mahasiswa diharapkan dapat mempelajari setiap masalah yang terjadi di dalam masyarakat, dengan mengahadapi masalah tersebut mahasiswa diharapkan dapat lebih tanggap dalam menyelesaikan masalah dan menambah kepedulian terhadap lingkungan sosial di sekitarnya.

3. BATASAN

           Batasan - batasan dalam lingkungan sosial adalah saat kita menempatkan diri pada sebuah tempat. contohnya pada saat kita mengobrol atau bercakap dengan mereka yang lebih tua walaupun mahasiswa di anggap sebagai masyarakat dan bersifat sama dengan mereka namun ada batas - batasannya dalam menuturkan bahasa dan menyamapaikan sesuatu, mahasiswa harus bisa menempatkan diri pada saat harus berbicara, mahasiswa beribicara, namun pada saat mahasiswa harus diam dan menurut, mahasiswa pun harus mengikuti perintah mereka.

4. ILMU SOSIAL DAN BUDAYA 

          Ilmu sosial menurut saya adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara manusia dengan lingkungan sosial sekitar. sedangakan budaya adalah sesuatu yang terdapat di dalam masyarakat, keduanya saling berkaitan budaya tedapat di dalam masyarakat. mahasiswa dapat mempelajari budaya yang terdapat di dalam masyarakat tesebut, dan mengerti akan sifat - sifat dari budaya dan masyarakat tersebut.

2 komentar:

  1. Ilmu sosial di butuhkan karena peran mahasiswa adalah pengabdian masyarakat. Dimana ia tidak lepas fungsinya sebagai mahluk sosial. Juga utk perkembangan kepribadian mereka. Agar mahasiswa di indonesia sadar akan kedudukannya sebagai kaum intelegensia yang harus mengubah keadaan dan nasib di lingkungan sosialnya.

    BalasHapus
  2. wah betul banget tuh, dengan bgitu mahasiswa jadi lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya, dan bisa berguna bagi masyarakat setempat.

    BalasHapus