Minggu, 26 Mei 2013


Tahapan Belajar Pemrograman Game


Kali ini saya akan membahas bagaimana memulai belajar pemrograman game. Berikut langkah-langkahnya:
1. Tentukan Bahasa yang disukai
Langkah pertama adalah tentukan bahasa pemrograman yang paling disukai. Jika masih bingung, bisa melihat pilihan. Ada banyak pilihan misalnya: C/C++, Java, C#, Objective-C, VB dan lain-lain. Yang paling penting adalah, suka. Bagaimana cara mengetahuinya? Bisa dicoba beberapa, tidak masalah meluangkan waktu sejenak untuk mencoba bahasa-bahasa tersebut.

2. Belajar Bahasanya dulu
Setelah menentukan jenis yang tepat, bisa masuk langkah selanjutnya yaitu memperdalam penguasaan bahasa pemrograman yang dipilih. Misalnya: Bagaimana membuat variable, operasi setiap variable, membuat kelas dan methodnya, membuat fungsi, membuat tipe data yang berbeda-beda dan seterusnya.

3. Belajar Algoritma dan Logika
Setelah cukup mengetahui bahasa berdasarkan jenis yang kita pilih, maka saatnya belajar algoritma dan logika. Algoritma dan logika merupakan salah satu kunci di dalam belajar pemrograman game. Belajar algoritma yang paling awal biasanya adalah dengan membuat bentuk bintang menggunakan for atau while. Contoh:
*
**
***
****
*****

4. Belajar Engine yang paling mudah
Bahasa dan Logika sudah menguasai, saatnya mencicipi dunia pemrograman game. Ada beberapa saran untuk tidak menggunakan Engine di dalam belajar pemrograman game. Tapi bagi saya, saya tertarik dunia pemrograman game adalah karena game engine. Game engine yang pertama saya pakai adalah GTGE (Golden T Game Engine). Engine game tersebut berbasis Java. Dan kebetulan saya sangat minat terhadap Java programming waktu itu. Beberapa engine bahasa lain misalnya: XNA, Irrlich, JMonkeyEngine, AndEngine dan lain-lain.

5. Membuat Game Sederhana
Berikutnya, dari game engine yang telah dipilih dan dipelajari. Buatlah game-game sederhana untuk mengasah kemampuan logika pembuatan game. Misalnya membuat Tetris, Hangman atau Snake. Game sederhana bukan berarti membuatnya mudah. Tetap ada tantangan tersendiri, jadi selesaikan dulu tahap ini :)

6. Publish Game
Setelah gamenya jadi, jangan lupa di publish agar bisa mendapatkan kritik dan saran. Jika mendapatkan kritik pedas, tidak usah minder. Anggap saja semua sebagai masukan yang positif. Tidak ada belajar secara instan, butuh perjuangan dan usaha yang keras.

Beberapa referensi buku pemrograman game untuk pemula bisa dilihat di: Buku Pemrograman Game

Sumber: http://blog.educastudio.com/69/tahap-belajar-pemrograman-game.php

Tidak ada komentar:

Posting Komentar