Senin, 21 Oktober 2013

Manfaat Film

MANFAAT FILM


Film merupakan lakon atau gambar hidup. Pasti setiap manusia sudah menonton film apapun itu jenis filmnya seperti film laga, film komedi, film dokumenter, film fantasi dll, banyak diantara kita yang bisa menyimpulkan baik dan negatif dari film yang kita tonton, namun terkadang ada beberapa manusia yang terkesima dengan akting, pemerannya, aksinya, ataupun kecanggihan teknologi yang berada pada film tersebut sehingga kita jadi lupa akan makna positif yang ada di dalam film tersebut, berikut adalah beberapa manfaat dari menonton film.

1. Mempermudah belajar bahasa luar negri
    Tidak semua film yang kita tonton adalah film dalam negri, pasti pernah menonton film luar negri dengan menggunakan bahasa luar negri, contoh saya sering menonton film hollwood setiap saya menonton film tersebut pasti mereka menggunakan bahasa inggris, saya belajar lewat pendengaran dan membaca, ketika aktor atau aktris berbicara saya mendengar serta melihat artinya pada subtittle di film tersebut sehingga saya akan lebih mudah menambah kosa kata bahasa inggris saya, serta lebih peka dalam pendengaran berbahasa inggris.

2. Membuat sebuah impian
    Pernahkah anda mendengar jika film adalah jendela impian? jika kita selesai melihat suatu film pasti anda akan bertanya apakah itu nyata? contoh film iron man ketika kita melihat film tersebut terdapat baju besi yang menyelimuti si aktor serta teknologi canggih yang digunakan si aktor untuk mendukung baju besi serta bermacam keahlian teknologi tersebut yang dapat berinteraksi dengan aktornya, dapat mengetahui musuh radius beberapa kilometer, dll, ketika kita melihat film tersebut terdapat keinginan akan membuatnya atau memilikinya di suatu saat nanti dan akhirnya kita akan membuat sebuah impian untuk menciptakan teknologi yang ada pada film iron man tersebut.

3. Menambah wawasan
    Banyak ilmu yang akan kita dapat jika kita menonton banyak film di dalam negri maupun di luar negri namun kita harus bisa menelaah maksud film tersebut, wawasan kita juga bisa bertambah contohnya seperti film The Battle Of Red Cliff yaitu film yang mencertikan sejarah dari china, dengan menonton film tersebut kita jadi tau bagaimana cara bertarung jaman dahulu di china, senjata yang dipakai, pakaian yang digunakan, serta strategi yang dipakai untuk melawan musuh, dengan begitu kita jadi lebih banyak wawasan tentang sejarah china, kita juga bisa mempelajari budaya china, tidak hanya luar negri kita juga bisa mempelajari sejarah serta budaya kita sendiri dengan film seperti Raden kian santang, Tutur tinular dll.

4. Membuat Motivasi
    Sering kita putus asa akan apa yang kita capai sehingga kita kadang menyampingkannya, namun saya sering mendapatkan motivasi dari film contohnya film The Internship yang baru-baru ini saya tonton, film tersebut menjelaskan 2 orang laki-laki yang di phk dari kantor dan mereka bingung harus bekerja dimana, akhirnya mereka mencoba magang di perusahaan Google, betapa hebatnya mereka belajar html5, css3 dan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan fitur google hanya dalam beberapa hari dengan basic mereka sebagai sales hanya demi mendapatkan pekerjaan di google, hingga akhirnya mendapatkan pekerjaan tersebut. saya mendapatkan motivasi yaitu jika memiliki kemauan dan usaha yang besar pasti kita dapat melakukannya.

5. Menambah keingin tahuan
    Maksud saya disni adalah ketika kita sedang menonton film yang tipe filmnya baru kita tonton maka kita akan mencari tahu tentang film tersebut seperti alien pasti kita akan penasaran, apakah benar alien seperti itu? dimana mereka tinggal ? bagaimana bisa ada kehidupan selain dibumi? apa makanan mereka? dll, kita akan mencari tahu itu karena kita merasa itu menarik dan itu membuat kita semangat untuk lebih tahu.

mungkin masih banyak manfaat menonton film selain diatas, namun menurut saya baru 5 saja, dan semua itu fakta buat saya, film selalu banyak kejutan didalam ceritanya. 

1 komentar:

  1. Setuju dengan anda.
    Lihat juga pertunjukan Lu San Jie di sungai Yangshuo yang disutradarai oleh zhang Yi Mou.
    Berbagi artikel tentang pertunjukan Lu san Jie di http://stenote-berkata.blogspot.hk/2017/12/teater-liu-sanjie-di-yangshuo.htmll

    Liat juga video di Youtube di : https://youtu.be/LGSdvSa0tg0

    BalasHapus